Cari Blog Ini

Badan Eksekutif Mahasiswa Matematika Universitas Negeri Jakarta

Kamis, 11 Mei 2017

[FIELD REPORT] DKBM 2017: Akankah Kuliahku Efektif?

 DKBM: Akankah Kuliahku Efektif?



๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก

๐Ÿ“„Field Report DKBM๐Ÿ“„
๐Ÿ“† Hari/Tanggal: Selasa, 18 April 2017
๐Ÿ•ฐ Waktu: 13.00 - 15.50
๐ŸŒ Tempat: Aula UPT Perpustakaan
๐Ÿšป Jmlh Peserta: 145 mahasiswa (2016 s.d 2013)

๐Ÿ”ฐ12.30 - 13.31 WIB
Tahap Registrasi dan Persiapan oleh panitia

๐Ÿ”ฐ13.32 - 13.37 WIB
Acara dibuka oleh Wimbo Fahri Susilo selaku MC.

๐Ÿ”ฐ13.38 - 13.42 WIB
Pembacaan Tilawah Oleh Ichwan Julianda

๐Ÿ”ฐ13.43 - 13.44 WIB
Bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin langsung oleh Gita Silvia Dewi selaku Dirigen.

๐Ÿ”ฐ13.45 - 13.53 WIB
Pemberian Sambutan Oleh:
1. Mahmudin Rizal selaku Ketua Pelaksana
2. Wahyu Hutomo selaku Ketua Umum BEM Matematika UNJ
3. Ibu Dr. Lukita Ambarwati, S.Pd., M.Si.

Pd saat Bu Lukita memberi sambutan, beliau menyampaikan bahwa tahun ini telah resmi dibuka Prodi Statistika dengan koor Prodi Statistika adalah Ibu Dra. Widyanti Rahayu, M.Si.

๐Ÿ”ฐ13.54 - 13.59 WIB
[Awal Sesi Diskusi]
๐Ÿ”ธ13.54 - 13.56
Pembacaan CV Moderator oleh Wimbo Fahri Susilo selaku MC
๐Ÿ”ธ13.56 - 13.58
Pemberian Sambutan oleh Fauzi Ramadhan Selaku Moderator
๐Ÿ”ธ13.59 - 14.04
Penayangan short movie mengenai permasalahan yang ingin dibahas dalam DKBM

๐Ÿ”ฐ14.04 - 15.07 [inti sesi diskusi]
๐Ÿ”ธ14.05 - 14.20
moderator mempresentasikan hasil angket mahasiswa dan dosen. Adapun hasil angket sbb:

 Mahasiswa

Metode pengajaran yang efektif adalah pengajaran yang detail beserta contoh soal dan pembahasannya, terbuka akan tugas dan nilai, ujian sesuai dengan yang diajarkan, apabila ada pertanyaan diberikan jawaban yang baik dan sesuai, dapat menjabarkan soal-soal analisis, dan  perlunya Inovatif dan interaktif
dalam pengajaran.

Presentase jadwal  kuliah belum efektif adalah 67,32% . Alasannya karena dosen jarang hadir, seringnya terjadi perubahan jadwal dan ruangan di awal perkuliahan, dan waktu kuliah tidak efektif (terlalu pagi, terlalu sore, dan satu mata kuliah dalam sehari).

Pandangan mahasiswa terhadap metode pengajaran dosen sudah cukup efektif dengan presentase 55%  karena tergantung dengan dosen (relatif), dosen lebih banyak memberikan contoh soal atau latihan, memiliki metode pengajaran yang bisa diaplikasikan dan mudah dipahami.

Sedangkan presentase kuliah pengganti yang belum efektif adalah 79,72% dikarenakan pembatalan kuliah mendadak, kuliah pengganti dadakan dan diadakan di hari libur, peminjaman kelas sulit dan terbatas, adanya dosen yang tidak hadir ketika kuliah pengganti, serta karena menggabungkan beberapa pertemuan dalam satu hari.

Konfirmasi kehadiran dosen belum baik dengan presentasi 57,04% . Alasannya adalah ketika dosen tidak dapat hadir, dosen tersebut memberitahukan secara mendadak ketika mahasiswa sudah siap untuk belajar, banyak dosen yang membaca pesan dari mahasiswa tetapi tidak membalas pesan tersebut, serta dosen dan mahasiswa harus saling mengingatkan dalam segala hal di dalam mata kuliah yang diajar dan diambil.

51,45% adalah presentase dosen pembimbing belum maksimal dalam membimbing mahasiswanya karena dosen pembimbing sulit ditemui atau sibuk, terlalu banyak mahasiswa yang dibimbing, mahasiswa kurang aktif pada pembimbing akademik, serta masih ada mahasiswa yang belum pernah bimbingan.

Dosen

Definisi Kuliah Efektif
Kuliah yg mencapai tujuan pembelajaran dmn mahasiswa dpt menerima ilmu yg disampaikan dgn baik dan mampu mengoptimalkan waktu kuliah.

Persentase mahasiswa yang dpt menerima metode pembelajaran
51-75% dgn alasan sebagian mahasiswa tdk terbiasa berpikir utk menyelesaikan masalah dan tidak fokus dlm menerima pembelajaran, serta tdk terbiasa membaca&melatih kemampuan matematikanya.

Metode dan pendekatan yang diterapkan saat perkuliahan
1. Tanya jawab, diskusi interaktif.
2. Blended learning.
3. Metode interaktif.
4. Metode student active learning.
5. Tergantung mata kuliah.

Apakah cara mahasiswa dlm menghubungi dosen sudah baik?
57,15% menjawab Cukup Baik
Masih byk mahasiswa yg penggunaan bahasanya msh kurang baik, dan jg sopan santun serta tatakramanya kurang.

Apakah KP sudah berjalan dgn efektif?
57,15% menjawab Cukup Efektif

Seperti apa mahasiswa yg ideal itu?
Mahasiswa yg aktif di kelas dan di luar kelas. Tidak hanya berusaha dlm memenuhi kapasitas akademik tp jg aktif dlm berorganisasi atau menghasilkan sesuatu.

Tips dan Trik utk mahasiswa agar dpt menjalankan kuliahnya scr efektif
Berkonsentrasi di kelas; Ontime; Belajar di luar kelas; All out; Perkuat niat; bertanya kpd dosen.

Kritik dan Saran Dosen
๐Ÿ”นMahasiswa jarang memanfaatkan waktu kosong utk diskusi
๐Ÿ”นJarang menggunakan perpustakaan
๐Ÿ”นMembuat kelompok diskusi utk saling sharing
๐Ÿ”นMahasiswa hrs lebih sering membaca
๐Ÿ”นMempergunakan forum online MCL dgn baik
๐Ÿ”นLebih aktif di dalam dan luar kelas.

๐Ÿ”ธ14.21 - 14.36
Dosen menanggapi hasil angket:
1. Mengenai komunikasi antara dosen dan mahasiswa, dosen tidak menjawab SMS karena sering sekali mahasiswa bila dalam SMS terhadap dosen, isi SMS nya sifatnya memaksa bila dilihat dari unsur kata yg digunakan.

2. Mengenai perkuliahan, dosen menyarankan agar para mahasiswa untuk membaca materi terlebih dahulu sebelum mulai kelas.

3. Dosen sudah memastikan bahwa pertemuan hingga akhir semester itu berjumlah 16 yang didukung oleh data siakad bahwa jurusan matematika terbaik dalam jumlah kehadiran dosen di kelas yang selalu terpenuhi(95%)

4. Alasan dosen yang tidak bisa hadir ketika saat berlangsungnya kelas ialah banyak pekerjaan lain dari tempat lain seperti menjadi tenaga ahli disana.

5. Untuk peminjaman ruangan insyaAllah selalu ada bila mahasiswa membutuhkan.

๐Ÿ”ธ14.37 - 14.40
(Tanya-Jawab)
Mahasiswa memberikan pertanyaan:
1. Bagaimana pendapat Dosen mengenai ruang diskusi yang kurang? ( Risa N. Lubis)

2. Apakah absensi dosen dan mahasiswa selalu direkap? Follow up seperti apa yang didapatkan dosen dan mahasiswa? ( Agam Nufriansyah )

3. Bagaimana pendapat dosen mengenai peminjaman ruangan utk selain agenda perkuliahan yang mana telah disebutkan sebelumnya bahwa peminjaman ruang kelas hanya diperbolehkan hanya untuk kegiatan? ( Istu Nur Rohmah)

4. Bagaimana pendapat dosen dalam menanggulangi anggapan bahwa mata kuliah tertentu (anreal) itu sulit dikuasai dikalangan mahasiswa? ( Akram)

5. Bagaimana pendapat dosen mengenai tujuan mata kuliah yang ada di BPA dgn yg diajarkan berbeda? ( Fitri Khairunnisa)

๐Ÿ”ธ14.41 - 15.06
Dosen menanggapi pertanyaan Mahasiswa:

1. Berkaitan dengan ruang diskusi, kita harus melihat jadwal dahulu terutama jadwal cleaning service yang mana dilaksanakan pukul 08.00 - 16.00. Terkadang mereka ingin membersihkan namun tidak bisa karena ruang kelasnya dipakai. Namun disatu sisi juga siapakah yang akan bertanggung jawab bila ruang tsb kotor besok seperti ada sampah botol dsb. Oleh karena itu untuk memakai ruang kelas boleh-boleh saja namun haruslah memperhatikan fasilitas dan kebersihan ruang tsb.

2. Terkait Form Absensi dosen dan mahasiswa, form tsb akan direkap kepada DPJM(Dewan Penjamin Mutu) yang mana akan merekap kehadiran dosen:
๐Ÿ”ธBerapa Dosen yang melakukan agenda perkuliahan sesuai dengan waktunya(per 3x pertemuan)
๐Ÿ”ธSiapa dosen yang belum memenuhi hingga 7 pertemuan?(sebelum UTS)
๐Ÿ”ธSiapa dosen yang belum memenuhi hingga 15 pertemuan?(sebelum UAS)
Dan follow upnya ialah menghimbau para dosen tuk melengkapi perkuliahan hingga jumlah pertemuan tercukupkan.

3. Mengenai Ruangan, kita tidaklah boleh mengklaim bahwa ruangan yang ada di lt. 5 dan 7 ialah milik matematika tetapi terpusat pada universitas. Maka dari itu anda bisa bertanya kepada WR3 mengenai kegiatan kemahasiswaan tuk urusan peminjaman ruang kelas.

4. Saran dari dosen, Tunjukkanlah bahwa anggapan/perkataan tersebut salah, bila mengalami kesulitan anda bisa bertanya dengan dosen, konsultasi dengan dosen, bila masih belum cukup maka tekunlah kembali dalam belajar.

5. BPA tidak lah sesuai karena ada beberapa mata kuliah yang selalu berubah-ubah dan mengikuti perkembangan.

๐Ÿ”ฐ15.07 - 15.10 [Akhir Sesi Diskusi]
Pembacaan 'Catatan Fauzi'  oleh Fauzi Ramadhan, yg menandakan berakhirnya sesi diskusi

๐Ÿ”ฐ15.13 -15.19
Penampilan hiburan oleh:
1. Soeharno
2. The Opportunities

๐Ÿ”ฐ15.20 - 15.36
Pemberian Souvenir untuk 3 penanya terbaik yang diserahkan oleh Ibu Dr. Lukita Ambarwati S.pd.

๐Ÿ”ฐ15.37 - 15.38
Pembacaan Doa oleh Ka Ahmad Bani dan dan acara di tutup oleh Wimbo Fahri Susilo selaku MC

๐Ÿ”ฐ15.38 - 15.40
Sesi foto bersama

๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ
Bersama menuju kuliah yang efektif
๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ๐Ÿ’ซ

๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ
๐ŸคTwitter: @MatematikaUNJ
๐Ÿ‘คFB: BEM Matematika UNJ
๐Ÿ“ LINE: @lqb8433s
๐Ÿ“ทIG: @matematikaunj
๐ŸŒwww.bemjmatematikaunj.org
๐ŸŽฅYoutube: Bem Matematika UNJ
๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ๐Ÿ—ฃ

#BEMMatematika17-18
#KabinetInspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar